Sabtu, 01 Januari 2022

Cara Cek iPhone Bekas Agar Aman Dibeli

Cara Cek iPhone Bekas - Memiliki iPhone bisa memberikan kesenangan dan gengsi tersendiri. Selain itu iPhone juga memiliki berbagai fitur canggih yang sangat menarik untuk dimiliki. Tetapi harga iPhone baru memang tidaklah murah. Melihat angkanya saja sudah bisa mematahkan semangat untuk membelinya. Tetapi jangan khawatir, kita tetap bisa memiliki perangkat besutan Apple ini dengan membeli iPhone second atau bekas. Tidak perlu was-was akan mengalami kerugian selama cara cek iPhone bekas yang benar dilakukan sebelum membelinya. Pemeriksaan tersebut meliputi:
tips membeli iphone 6 bekas,iphone baru,cara mengecek touchscreen iphone,iphone second harga,membeli iphone yang asli,iphone bekas murah,tips membeli iphone bekas kaskus,garansi distributor,

1. Kelengkapan perangkat
Sebelum membeli iPhone, sebaiknya tanyakan dulu kelengkapan dari perangkat. Kelengkapan meliputi surat-surat yang menyertai kepemilikan dan pembeliannya. Kelengkapan lainnya yang harus diperiksa adalah charger, earphone, SIM ejector serta kabel data. Walaupun kita akan membeli iPhone bekas murah, tetapi box dan kartu garansi juga harus dimiliki. Semua kelengkapan tersebut harus ada jika harga yang ditawarkan masih relatif tinggi. 

2. Fungsi hardware
Fungsi dari hardware yang dimiliki iPhone wajib diperiksa ketika membeli hp bekas. Lakukan pemeriksaan pada casing untuk mengetahui ada tidaknya bagian yang retak. Setelah itu periksa juga home botton-nya, apakah masih berfungsi normal atau tidak. iPhone 4, 5 dan 4S memiliki home botton yang mudah rusak. Lakukan juga cara ngecek touchscreen iPhone, untuk mengetahui apakah kondisinya masih bagus atau memiliki masalah. Jack audio juga harus diperiksa, karena ada kemungkinan ngadat saat digunakan.

Bagian lain yang harus diperiksa adalah baterai. iPhone baru biasanya memiliki baterai yang mampu bertahan hingga 10 jam. Sedangkan baterai dari perangkat yang sudah berumur 5 tahun atau lebih, daya tahannya bisa turun dengan drastis. Untuk mengetahui kondisi baterai tersebut dapat dilakukan dengan masuk ke menu ‘Setting’, lalu memilih ‘General’, lanjutkan dengan memilih ‘Usage’. Kemudian klik ‘Baterai Usage’. Setelah itu akan terlihat tampilan yang memperlihatkan waktu yang telah digunakan sejak terakhir dilakukan carge serta kemampuan baterai yang tersisa. 

3. Pemeriksaan software
Cara cek iPhone bekas berikutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan software. Pemeriksaan ini meliputi jenis iPhone, apakah SU atau FU. iPhone SU hanya bisa menggunakan satu layanan operator saja. Selanjutnya periksa juga beberapa fitur dan akun yang ada. Lakukan penonaktifan pada fitur Find my iPhone serta nonaktifkan iCloud. Karena jika iCloud masih terkunci, pemilik baru yang tidak memiliki username maupun kata kunci tidak akan dapat membuka perangkat tersebut.

Selain ketiga cara di atas, perlu juga diketahui cara membedakan berbagai versi dari iPhone. Sebagai contoh iPhone 4 dan 4s yang memiliki harga berbeda. Kita harus mengetahui perbedaan keduanya agar tidak membayar iPhone 4 dengan harga iPhone 4s. Kehati-hatian dalam membeli perangkat iPhone memang sangat diperlukan. Cara cek iPhone bekas akan mencegah kita dari membeli barang second dengan harga yang terlalu mahal.