Sabtu, 01 Januari 2022

Cara Cek NIK KK Online Lengkap dan Mudah

Cara Cek NIK KK Online - Kartu Keluarga atau yang sering disebut dengan KK merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap keluarga. Untuk mengetahui Nomor Induk Kependudukan di kartu keluarga, Anda dapat melakukannya dengan mudah menggunakan cara cek NIK KK online. Zaman semakin maju dan modern sehingga hampir semua hal dapat dilakukan dengan menggunakan internet. Begitu pula dengan mengecek NIK KK. Mengecek NIK KK akan membuat Anda tahu tentang keaslian NIK yang Anda miliki. 
cek nomor induk kependudukan online,cara mencari nik berdasarkan nama,kartu keluarga download,nomor induk kependudukan kartu keluarga,cek e ktp kemendagri,melacak nik ktp,cek nik ktp nasional,

NIK Kartu Keluarga sering dibutuhkan pembuatan dokumen-dokumen penting. Terdapat 16 digit angka yang terdapat dalam Nomor Induk Kependudukan KK. 6 angka pada digit pertama sebenarnya merupakan informasi tempat Kartu Keluarga diterbitkan. Dari ke 6 digit tersebut, 2 digit pertama merupakan kode provinsi, 2 kode berikutnya merupakan kode kabupaten, dan 2 digit terakhir merupakan kode kecamatan.

6 angka digit selanjutnya pada NIK KK adalah kode tanggal lahir yang dimulai dengan kode tanggal, bulan, dan tahun. Sedangkan untuk wanita akan ditambah dengan angka 40. 4 digit terakhir pada NIK adalah nomor pendaftaran atau registrasi. Hal tersebut disesuaikan dengan tanggal, bulan, dan tahun lahir yang sama di satu wilayah. Nomor tersebut akan dimulai dengan angka 0001. Itulah maksud ke 16 digit pada NIK KK. Lalu, bagaimana cara mengecek NIK KK?

Cara Mudah Untuk Mengecek NIK KK Secara Online
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecek NIK KK. Anda dapat mengeceknya secara langsung dengan melihat di dokumen Kartu Keluarga milik Anda. Namun apabila kartu keluarga sedang tidak dibawa, Anda dapat mengeceknya dengan cara lain. Cara cek NIK KK online merupakan solusi paling mudah bagi Anda yang ingin mengecek NIK KK. Dengan bermodal koneksi internet saja, Anda akan mendapatkan informasi mengenai NIK KK yang terpercaya.

Anda dapat mengunjungi situs resmi dari Kemendagri pada website http://www.dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik. Anda akan diminta untuk memasukkan NIK Anda pada kolom yang telah tersedia. Jika Anda tidak hafal, Anda dapat melihatnya pada nomor di Kartu Tanda Penduduk. Setelah menekan klik pada tombol cek, nantinya Anda akan mendapatkan informasi tentang keaslian dari nomor induk kependudukan yang Anda miliki tersebut. Bagaimana, mudah bukan caranya?

Bagi Anda yang merupakan warga DKI Jakarta, Anda dapat menggunakan cara cek NIK KK online melalui website http://kependudukancapil.jakarta.go.id/. Di website tersebut, Anda akan menemukan fitur untuk mengecek NIK serta untuk mengecek pembuatan Kartu Tanda Penduduk. Masing-masing daerah biasanya telah memiliki situs tersendiri untuk mengecek NIK Kartu Keluarga. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk melakukan cek NIK Kartu Keluarga secara online. Jika terdapat cara yang mudah, kenapa harus memilih cara yang sulit?