Sabtu, 01 Januari 2022

Cara Cek IP Address Wifi Router

Cara Cek IP Address - Pada daerah-daerah yang belum tersentuh koneksi internet 4G, wifi menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan akses internet yang cepat. Tidak hanya di kantor ataupun fasilitas-fasilitas umum, rumah-rumah pribadi pun banyak yang memasang wifi router untuk berbagai keperluan. Terkadang, saat melakukan pengaturan pada wifi router yang berada di rumah, kita tidak mengetahui atau mungkin lupa IP address dari wifi router tersebut. Padahal ada dua cara cek IP address wifi router yang bisa dilakukan dengan menggunakan laptop ataupun PC. Kedua cara tersebut adalah:
cara mengetahui ip router tp link,cara mengetahui ip wifi speedy,ip wifi di android,ip address wifi speedy,wifi orang lain,cara mencari ip address wifi,wifi yang terkunci,wifi hotspot,

1. Menggunakan Command Prompt
IP address dari wifi router memang berbeda dengan IP Address Public. IP address dari wifi router berfungsi menjadi Access Point yang akan menghubungkan jaringan yang wireless dengan jaringan kabel. Cara mengetahui IP address wifi router tersebut, dapat dilakukan dengan menggunakan Command Prompt. Perintah yang berbasis DOS ini akan membuat user menjadi lebih mudah untuk berinteraksi dengan PC atau laptop secara offline maupun online. 

Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menekan Windows+R yang ada pada keyboard. Dengan cara ini maka program ‘Run’ dapat terbuka. Selanjutnya pada bidang kosong masukkan ‘cmd’ dan diikuti dengan mengklik ‘Ok’. Jika muncul sebuah program yang memiliki layar hitam, maka program tersebut adalah Command Prompt. Dalam program itu ketik ‘ipconfig’ selanjutnya tekan ‘Enter’. Dengan cara mengetahui IP wifi dengan cmd ini akan menampilkan IP address dari wifi router. 

2. Menggunakan pengaturan jaringan pada PC
Menggunakan Command Prompt bukan menjadi satu-satunya cara untuk mengetahui IP address dari wifi router. Pengaturan jaringan pada PC ataupun laptop juga dapat digunakan sebagai cara cek IP address wifi. Untuk melakukan cara yang kedua ini, kita harus terhubung pada jaringan, baik itu secara nirkabel maupun dengan menggunakan kabel Ethernet atau lebih dikenal juga dengan istilah kabel LAN. 

Untuk melakukan pengecekan IP address ini, pada ‘System Tray’ klik di ‘Bar’ atau ‘Monitor’ icon. Lalu klik ‘Open Network and Sharing Center’. Berikutnya sebuah jendela baru akan terbuka, dimana kita akan melakukan klik di link biru yang letaknya bersebelahan dengan ‘Connection’. Nama dari link mungkin berbeda-beda, tergantung koneksi yang dimiliki. Di jendela berikutnya lakukan klik ‘Details’, dan semua informasi mengenai jaringan termasuk IP address dapat diketahui. 

Kedua cara cek IP address wifi router akan memperlihatkan IP address yang letaknya berada disebelah ‘Default Gateway’. Untuk dapat masuk ke layar tempat login dari router, IP address tersebut dapat dimasukkan pada search bar dari browser. Selanjutnya pengaturan utama pun dapat diakses, dan berbagai setting-pun dapat dilakukan. Dengan setting yang sesuai, maka fasilitas wifi yang ada di rumah, kantor, sekolah maupun fasilitas umum dapat digunakan secara maksimal.